Minggu, 03 Juni 2012

IRONI....??

IRONI
Oleh: Arif Budiman

Sebenernya kepingin nayangin photo sederhana dari sebuah rumah yang sangat sederhana. rumah reot, tangga penyangganya nyaris roboh, sebagain gentengnya telah jatuh ke tanah. disampingnya juga sama ada sebuah rumah kecil bahkan lebih parah, kayaknya bukan nyaris lagi. kalao aku bilang ntu rumah sih udah roboh tapi masih ditempatin. 

Aku sempet terheran-heran aja, soalnya kalu aku bilang tersentak nnti dibilang lebay. Tapi inilah potret yang aku dapat dari perjalanan sore, sebenernya cuma pingin liat BKT, yang sekarang ngga terlalu Indah soale sampah berserak diamana-mana. kalau air surut bau limbah terasa nyengat banget di hidung.

Motor setia ini, sengaja aku bawa buat nemenin aku ke ujung BKT, Sob ahir-akhir ini emang beberapa kali aku datang ke tempat ini. Dua hari lalu, ada atlet nasional Paramotor latihan di dekat muara ini. Ngga tahu ngapain, cuma cari inspirasi aja. Ya melihat apa yang semestinya bisa dilihat, memandang apa yang masih bisa dipandang. Menikmati apa yang masih bisa dinikmati.



Kalo ada tema lain yang menarik, mungkin aku mau tulis tema itu, maaf ya aku cuman numpang doang koq. menyandarkan beban pikiran ini di lembaran ini. Di belakang rumah itu kulihat seorang laki-laki berbaju biru, ia menatap ke arah pemakaman yang dekat dengan rumahnya itu, ihh serem juga ya. Seolah ia sedang berdialog dengan orang-orang yang sudah terlebih dulu dikuburkan,, hehe kesannya ia juga udah mau dikubur aja..haha. Soalnya wajahnya nyaris ngga ada cahaya., hidup segan, mati,, kayanya emang yang dimauinya. Kucuri photo rumahnya,, mungkin kalau ada orang yang liat aku dikira tim bedah rumah yang lagi survey buat acara yang mengeksploitasi kemiskinan sebagai sumber penghasilan.
Cuma dua gambar yang kubuat, maklum kamera ini ngga bisa bikin gambar lebih terang. soalnya ga ada zoom-nya. tapi ngga papa. yang penting aku bisa menyimpang sebuah realitas yang lagi-lagi sangat paradoks..
Temanya masih sama kaya tulisanku sebelumnay, masih tentang ironi kebangsaaan. Apa larena aku guru sejarah..?? Ngga juga sihhh. Tapi miris aja lah ngliat nasib saudara sendri. ibarat kata ayam mati di lumbung padi, kan pas banget buat ngegambarin nasib yang menimpa bangsa sendiri.
Tempatnya ngga jauh dari BKT yang tadi udah aku ceritain,, di ujung sana, Babelan. Setahuku Babelan adalah daerah yang jika malem datang, di atas langit aan menyala dengan cahaya terang dari sebuah cerobong minyak bumi persis seperti yang kulihat saat jalan pulang lewat jalur pantura (indramayu).
Berarti disana aak kekayaan Alam berupa minyak bumi. Ni daerah berarti daerah yang kaya, daerah yang semestinya ngga akan bikin kelaparan orang-orang yang ada disekitarnya.
Tapi kenapa masih ada, rumah reot bahkan roboh yang masih ditinggali. Sementara sesekali mobil mewah melintas hanya menyisakan debu yang membuat rumahnya makin berdebu dan kotor,, jangan-jangan ntu mobil yang barusan lewat adalah pemegang saham dari proyek penggalian minyak diwilayah ini... Ironi..

Baru buka FB, e ada Komen, kesannya aku ngga serius dengan tulisan ini.  Ini beneran. Wee, jangan gitu kasian bapak pemilik rumah itu, Ni serius aku liatnya kasian banget. Aku pikir rumah ntu ngga ada penghuninya. tapi aku memang ngga liat ada orang di dalem. tapi aku yakin ada yang nempatin karena. ada jemuran baju disampingnya. trus bekas-bekas jejak kaki yang masih baru alias masih keliatan banget kalu ntu rumah emang bukan rumah yang ditinggal apalgi rumah hantu,, hihh lebi serem. Truss pas aku selesai moto, aku liat ada bapak dengan baju biru madep ke kuburan. kayaknay dia sedih banget. bener-bener ngga ada semangat buat idup. dalam atinya mungkin terucap kapan sih giliran gua yang dikubur kaya lu lu pade...?? Menunggu antrean jadi orangf kaye yang bisa jalan-jalan ke Mall di Jakarta sono udah jelas ngga mungkin. Bisa makan aje masih untung... Itu sih penialainku... Dan kayaknya emang begitu. Aku ngga sempet ngobrol, nti dikira mau ngasih bantuan. Aku cuma ikut prihatin aja mdah-mudahan suatu saat nanti ada orang yang bisa lebih bijak lagi menilai an melihat apa yang sedang dialaminya..

1 komentar:

TIRTA PAWITRA mengatakan...

mAaF yA KALAU tULISAN INI mASIH TERPATAH-PATAH> ini cuma tulisan sekilas< nTI nIATNYA MAU DIBENERIN..

Cari Blog Ini