Sabtu, 09 Juni 2012

ESENSI RAKER SEKOLAH


ESENSI RAKER SEKOLAH
Oleh: Arif Budiman[1]
     

Berdasarkan tradisi akademik, waktu-waktu  ini adalah hari dimana sekolah tengah bergiat dengan persiapan menyambut tahun ajaran baru.. Di dalamnya berlangsung satu kegiatan penting seperti  penerimaan siswa baru (PSB) yang saat ini bernama Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) dan yang mahapenting dari persiapan awal tahun pembelajaran adalah kegiatan raker.

Raker sekolah adalah kegiatan dalam proses pembelajaran di sekolah yang mengandung makna perencanaan (planning) bagi program-program pembelajaran yang akan dilaksanakan sekolah di tahun pelajaran yang akan dihadapi. Secara menajerial, Raker akan menjadi indicator yang jelas tentang kualitas sebuah sekolah, karenanya menyelanggarakan Raker dengan baik akan memberi dampak yang positif untuk mewujudkan sekolah yang Unggul (baca: berkualitas).
       Mengabaikan Raker di suatu organisasi atau sekolah sama artinya mengabaikan terwujudnya kemajuan sekolah sebab Raker adalah alat tangguh untuk memulai penyelenggaraan kegiatan sekolah yang berkualitas atau unggul. Meski demikian, raker yang telah diadakan oleh sebuah sekolah pun tidak menjamin akan mampu mewujudkan sekolah unggul seperti yang diinginkan, apalagi jika sekolah tersebut tidak menyelenggarakan kegiatan Raker.
        Secara maknawi, raker adalah niat yang tumbuh subur yang ada dalam diri kita. Rasul Muhammad SAW, menegaskan esensi sebuah perencanaan dengan kalimat yang sangat kuat “Sesungguhnya segala amal, dimulai dari niatnya”. Pertanyaannya sudahkah kita punya niat untuk pekerjaan atau perbuatan yang akan kita lakukan di masa yang akan datang. Jika tidak maka sudah semestinya kita semua memperbaharui pikiran kita untuk menumbuhkan niat. Niat saja tidak cukup sebab tujuan akhir dari niat kita adalah tercapainya hasil. Maka selanjutnya harus mewujudkan niat yang ada dalam hati kita dengan perbuatan yang nyata dengan membauat langkah-langkah strategis sehingga tujuan yang ingin kita dapatkan dari pekerjaan itu dapat tercapai secara maksimal.
       Ada sejumlah agenda besar yang digelar, ada beragam tema yang dibicarakan. Ada keinginan mulia membentuk struktur kegiatan yang berarti untuk generasii unggul. Itulah sejumlah unsure yang ada dalam kegiatan Raker yang diadakan sekolah. Sungguh sangat berat dan mulia pekerjaan atau persiapan yang dilakukan dalam penyelenggaraan pendidikan. Tidak sedikit keluh kesah dan semangat yang memudar terpancar dari proses itu, mungkin karena kurangnya kerendahan hati kita untuk melihat bahwa apa yang sedang dan akan kita kerjakan adalah tahapan-tahapan yang sesaat lagi akan mencapai surga.
          Jika kita ingat senyum, semangat lantang suara anak-anak kita, sungguh pekerjaan kita telah menjadi tidak sia-sia. Kita menjadi sangat bangga saat mereka lantang menyuarakan ilmu dan dan karya-karya kreatif mereka. Teruslah teringat dengan senyum dan bahagia anak-anak kita sebab itu akan menjadikan kita bersemangat untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak bangsa yang kita cinta. Mudah-mudah Allah SWT menyertai langkah pendidikan  kita. Amin. Wallahu’alam.



[1]  Arif Budiman, Guru Sejarah MAN 21 Jakarta.  Aktifis CENTER (Komunitas Guru Untuk Pembentukan Karakter Bangsa). Alamat Jl Sarang bango No 2 Marunda Cilincing. E-mail:tirta_pawitra@yahoo.co.id. telp 02141872917

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini

Memuat...