Selasa, 05 Juni 2012

THE BEST FRIEND’S:

SEMBILAN-SEMBILAN

(The Best Friends)
Oleh: Arif Budiman




Kringg. Kringg. Dering telpon terdengar nyaring di depanku. Aku sedang merapikan Novel Gadis Madinah yang hingga kini ngga selesai-selesai. Pada suara Kring ketiga, aku langsung angkat telpon itu,
Haloow.
Assalamualaikum, Hakiem..?? Betul…..!!!, Jawabku. Kayaknya ini Mas Aldi…??? Iya Ni Im. Ada Apa Mas…??? Ijal Ada...? Rupanya dia pengin ngomong sama Ijal, Office Boy Bimbel? Kayaknya sih ada sesuatau yang mau disampaiin, pastinya berkaitan dengan kerjaan di bimbel. Ngga ada Mas, dah pulang. Ohh ya udah, Makasih ya…!!. Ehhh…!! Mendadak Aldy memanggil buru-buru saat telpon mau ditutup. Lagi ngapain Im…?? Ngapain lagi,..! Lagi Nulis Mas...!  Jawabku singkat. Tulis tentang kita Dong Kim..? Dalam hatiku, aku sebenernya sudah punya niat Nulis kisah temen-temen 99 tapi aku mau focus nulis Novel yang kini sedang kuserousi.!!
Gimana..?? Im...., ni Gue kasih tahu, saudaraku novelnya dah mau terbit, kemaren aku ketemu dia, sekarang udah ke percetakan. NOvel dia itu tentang  kisahna saat SMA, Makanya gue minta lu juga tulis kisah kita, Kisah "99. 

Seingatku ini omongan bukan cuma sekali Karenanya aku mengiyakan saja. Selama ini bingung nulis 99 dikarenakan aku kesulitan nyari engkelnya. ARtinya harus mulai darimana. Aku ngga mau tulisanku nanti dinilai sama apalagi ngejiplak gaya penelus-penulis yang lain. Aku ya aku. Novelku ya novelku.

Giman..? Bisa Dong....? Mas Adi nanya lagi...!!!! Aku coba deh..!! Nahhh gitu dong. Kata   Mas Adi karena aku setuju. Oke ditunggu ya ya…!! Oke yaudah ya Im Ya. Thenks yaa..!!
 Assalamualaikum .

Hmm Nulis angkatan ‘99, Sejenak ku ke Tawangmangu.. Ehhh maksudku Termangu….!!! Aku piker-pikir, emang kayaknya menarik menulis kisah angkatan 99. Mulai darimana ya..?? Gaya bahaqsa..?? Huft capek juga kalao musti mikir ini itu. Aku mau pake bahasa Jakarta ajah. Alias bahasa sehari-hari yang juga dipake anak sejarah 99. Soale kalo kebanyakan konsep sampai mikir bahasa apa yang mau dipake, bisa-bisa malah ngga jadi. Walau sebenere dengan bahasa ini aku malu ma diri aku sendiri. aku orang jawa tapi logatnya Jakarta. Bukan Betawi, sebab kalau dinilai logat Betawi kayaknya sih jauh, alias ngga nguasain bahasa Betawi. Orang sering tak mampu menebak aku asli orang mana sebab logatku Jakarta banget. Beda dengan temen aku yang asalnya asli wong tegal, namanya  Estianti, kalau dah ngomong maka logat tegalnya sangat keliatan mulai pertama di jakarta ampe dia lulus logat Tegalnya masih keliatan jelas. Aku termasuk orang yang cepet dalam adaptasi bahasa. Gaya kawan aku ngongnya gaya apa aku langsung bisa mengikutinya,,, “Li Bali Taiye…..!!”. Itu Madura, aku bisa mengikuti logatnya, atau Jawa Timuran Ngono Cha. Cenah itu gaya logat orang Sunda. Maksudnya pas aku ada di jawa timur misalnya, logatku akan otomatis jadi logat Jawa timur. Di Sunda juga sama aku akan langsung bisa ngikutin logat, logatnya aja bukan bisa bahasanya. Otomatikelly gitu.. artinya semua terjadi secara otomatis…!!
Truzz ngga mungkin juga, aku nulis kisah mereka dengan bahasa Jawa, enyong-enyong. Kayaknya emang Musti dalam bahasa Jakarta kaya obrolan sehari-hari aja…

Aku juga sebenere lagi rada bingung mulai dari mana mulai tulisan ini, aku bilang ke Aldi aku masih bingung nyari engkelnya, tapi rasanya permintaan dari nya beberapa kali  dan beberapa saat lalu rasanya sulit kutolak.
Oke Mas  Bro, aku coba ya…!!, aku memulai tulisan ini dari permintaan Aldi. Kayaknya dia ntu, anak 99 yang pertama sukses. Sampai akhirnya mantapku tulis kisah kami, Aku mau menulis kisah kami, tokoh-tokoh perubahan angkatan 99. Aku pake istilah tokoh-tokoh perubahan sebab setiap orang pada hakekatnya adalah tokoh perubahan bagi lingkungannya, minimal perubahan buat diri sendiri. Apalagi kisah anak 99 lebih gila dan lebih inspiring daripada kisah-kisah gila yang pernah kubaca di Novel-novel karya penulis kenamaan saat aku baca di Toko buku terkenal di Jakarta. Any Way, aku cuma mau bilang kalau perubahan sebenere seorang aku,Rahman Hakiem juga bermula dari Sejarah 99. So pantas banget kalau 99 adalah tokoh-tokoh perubahan.
Meski temen-temen mungkin ngga pernah tahu perubahan apa sebenere. Sambil jalan dan atau ngalirnya kisah ini, aku mau jelasin atu-atu.  Aku mulai cerita walau sedikit. Eh banyak ding,,,, Yaitu cerita tentang pengalaman aku bareng angkatan 99 yang bagiku sangat luar biasa. Fren N Bro,, or ente yang lagi baca ni tulisan, kalian tentu tahu seorang Hakiem biasa lekat dengan kesan anak masjid dan itu mengesankan Hakiem tuh ya ga jauh ama Yasiinan atau shalat atau ritual ibadah lainnya. Mereka bilang aku Merbot At-taqwa. Seterah mau ngomong apa dahhh…!! Kalau aku bilang sih emang seperti itu. tapi ngga usah takut aku alias jaga jarak karena terkesan alim itu, Aku sebenere lagi coba ngebuka diri untuk adanya hal-hal baru bareng temen-temen sejarah. sejauh yang kulihat sih asyik-asyik aja.
Karenanya aku mungkin terkesan santri sarungan dst. Tak jarang karena kesan itu menjadi tak tersentuh hal-hal yang dinamakan dunia gaul. Biasanya begitu. Aku bilang,,, Ngga...!! justru aku sedang mau buka sekat dan anggapan itu, Aku mau gaul dan mengenal temen-temen 99  yang semangat dan gila abisss. Kalau syamsul aku ngga tahu deh. Apa dia emang coba cair dengan semua keadaan atau emang dia udah bosan ma dunia Pesantren sebagaimana saat dia SMA. Yang Pasti Syam, ibadahnya terjaga. Inget dia, jadi inget Lili, tapi nanti aja.

OSPEK
Menjelang Ospek, aku bener-bener sedang ngrasain dunia kampus sebagai satu hal yang baru. Di acara Ospek nanti, kepala musti diplontosin. Padahal aku ngga suka banget yang namanya dicukur pendek apalagi plontos. (Ketahuan banget jeleknya). Tapi karena aturannya begitu ya udah aku ikutin. Selain itu aku juga musti nyiapin segala pernak-pernik yang musti dibawa saat ospek yang akan berlangsung selama kurang lebih satu minggu. Hufftt bener-bener bikin gila. Soalnya baru aku baca persyaratan saat ospek, dimana di salah satu poinnya MaBa musti bawa telor asin yang ada stempel RT. Parahnya aku nurutin aja, persyaratan itu. Malam-malam sempet-sempetnya nyari yang namanya rumah pak RT yang ngga pernah kenal, ngga pernah lapor, tiba-tiba harus ketemu dan minta stempelnya buar Nyetempelin tu Telor asin. Aku sih ngga pernah mau brontak sama aturan kampus atau senior yang ngadain acara ini. Saat itu aku juga ngga pernah tahu soal elangaran HAM atau sejenejsnya atau kasus terbunuhnya Mahasiswa STPDN yang menjadikan seluruh kampus tidak ada tau tidak mengadakan acara perploncoan bagi Mahasiswa Baru di Kampus.

Hari itu hari Jumat jam 16.00, jam 4 sore, tanggalnya aku lupa yang jelas kalau ngga salah sih bulan September 1999 gitu. Aku baru ja selesai keluar Pabrik. Sore itu ada briefing buat persiapan Ospek Fakultas. Aku sendiri baru bisa hadir, sore pula, sebab aku juga baru daftar di BEM jurusan, ktemu Mba Nina yang lembut, pokoke santun banget deh, murah senyum pula. Bis itu disuruh naik ke lantai tiga n gabung bareng angkatan 99 yang kebetulan sore  itu dah pada mau pulang. Disitulah aku kenal namanya Mba Mala yang galak. Sempet diomel-omelin juga. Hehe. Kadang-kadang aku pingin ketawa sendiri. Soalnya umurku sebenernya ngga jauh beda ma Mala. Aku angkatan 97 yang baru kuliah tahun 99. (waduhh ketahuan dehhh). Dari sejumlah panitia jurusan kayaknya dia yang paling galak. Kenapa kamu baru daftar ha…?? Kemana Aja. Aku jawab kalau akau belum sempat daftar ke jurusan karena masih kerja di Kawasan, makanya baru bias dating. Udah gitu, aja ngga diomelin lagi. Kayaknya sih kasian liat aku. Jujur temen. Saat itu mungkin kondisiku sangat mengenaskan. Kayak veteran perang, yang kalah perang dengan baju compang-camping, Baju Belel, rambut acak-acakan alais dekil abisss. Tubuh kering kerontang, tinggal kulit pembalut tulang. Hehe.

Soal bagaimana keadaanku sebelum kuliah, aku belum mau cerita. Aku mau focus Ma temen-temen 99 dulu. Kalau ngga salah aku kenal pertama dengan seorang bernama Iwan, Dia asli Uwong Cirebon. Postur kecil, sama kecilnya dengan penampilannya saat ini. Kayaknya sih ngga banyak perubahan. Ia masih saja sama, masih seperti Iwan yang pertama kali dulu kukenal. Temen-temen biasanya mencandainya dengan kata-kata yang ditujukan kepadanya “Ayo Teman-teman Kita Berdoa…!!!”. Sontak temen-temen yang lain pada ketawa. Masih ingat kan. Ceritanya masih satu waktu dengan Ospek yang lagi aku ceritaiin ini, yaitu terkait dengan acara makan bareng peserta Ospek yaitu agar kami amkan makanan yang sudah dibawa dari rumah. Karena namanya makan biasanyya berdoa, maka dari situlah Iwan diminta oleh salkah satu panitia untuk berdoa. Selain cerita soal kenangannay yang diminat doa. Iwan Juga memiliki logat yang lucu, vocal “U” setelah huruf “T” yang terucap dari mulutnya seringkali menghasilan logat Bali. Misal SesuaTu, ITu. BegiTu dll.

Kalau aku bilang, Bisa ketemu di angkatan 99 adalah ketemu dan sekaligus kebersamaan dengan orang-orang dengan sejuta kegilaan. Kelakuan mereka juga sangat unik. Jumlah kami satu jurusan awalnya ada 43. Kami terlihat dan sangat merasakan bahwa ini sangat kompak. Pertama ikut gabung dengan 99, ya saat pengarahan atau acara apa aku lupa. Yang pasti sekedar persiapan panitiua Jurusan. Disanalah untuk pertama kali aku mengenal Sosok Mba Aida. Dimata temen-temen inilah panitia acara yang paling difavoritkan. Mungkin karena cantiknya. Itu kesan yang pertama.  

Mas Bro, akhirnya aku harus sampai di Bab yang sulit yang sebenernya aku paling sulit sampaikan di tulisan ini yaitu saat harus menilai seseorang. Itu salah satu alasan juga mengapa penulisan kisah 99 tak kunjung dimulai. Aku nyaris ngga bisa nglakuin hal yang satu ini. Tapi okelah….., Sebagai pembuka, sedikit aku mau sapa temen-temenku. Kayaknya orang pertama yang kuingat saat Ospek itu mungkin Aldi sebab sejak pertama di Ospek, dia yang beberapa kali bertanya atau mendebat Panitia. Soalnya Panitia kan paling iseng dan ngerjain mahasiswa baru. Mulai dari gara-gara ngga bawa lauk atau atribut lain, akan dijadikan alasan buat bikin masalah. Kesalahan itu sengaja dijadiin bahan buat ngomel-ngomel. Apalagi kalau udah nyangkut Mala, widihhh kayaknya dia kaka senior yang paling serem…..!!! Terakhir di FB, kulihat ia sedang mendaki, sepertinya tradisi sejerah masih sangat digemarinya hingga kini.

Abis itu kan ada Usman, soale pas Vote siapa yang mau jadi dijadiiin ketua angkatan semua mata tertuju ma Usman. Ngga tahu kenapa. Mungin dia yang bawaanya cool sampai sekarang juga cool alias ngga banyak bicara tapi mau kerja. Itulah Umar. Dia adalah Satu dari sekian temen-temen yang juga bikin tema penelitian paling berani dan menyimpang dari mainstream jurusan. termasuk aku karena menulis penelitian tentang tokoh pemikiran Islam.

Hari kedua dapat materi dari Fakultas. Salah pake slempang, kena hukuman, Busett ampe jalan n jongkok. Megangin pantat cowok anak Ekonomi, sambil nunduk mengitari lorong Fakultas, Ni Celana baunya ngga ketulungan.. Kayaknya ngga dicuci dari kemaren… Ampun….!! Busett Dehhhh.

Setelah itu aku kenal Wardoko, tampangnya keliatannya si Intelek abiss, dalam ati aku cuman bisa ngomong Ni Orang kayaknya orang pinter, kadang-kadang kacamata emang jadi ukuran. Tapi aku bilang kadang-kadang ya…? Ama Tokoh yang satu ini belum tentu,,, haha Pizzz. Kita liat aja. Dan kaca matanya pasti bukan kacamata yang sekedar buat gaya, tapi beneran liat aja kaca cembungnya sangat keliatan. Beberapa lama kenal dengan dia, dia mulai kelihatan kalau gaya ngomongnya lumayan hebat. Bisa jadi bener korelasi antara kacamata dengan orang pinter. Belum skripsi atau penelitian dengan judul itu kayaknya… Ada yang mau ambil judul ini..?? Sok ajahh. Saat Ospek Jurusan tokoh kita yang satu ini satu group dengan aku, di Groupku juga ada Iwan, lagi-lagi aku ketemu Iwan. Iwan tu sebenernya sama kaya aku, pendiem tapi tetep berusaha ngehargain kegiatan apapun yang diselenggarain angkatan 99. Di  group itu juga ada Lely yang juga berasal dari Cirebon. Ia sejak pertama ngliat udah mengenakan kacamata, wajahnya atau matanya aga-agak oriental gitu, ia juga suka dengan bahasa Mandarin. Ehh salah, yang bener sih dia tuh pernah kursus bahasa Jepang, tapi ia suka banget ma telenovela Mandarin gitu Mandarin Kelompok Meteor Garden. Kalau anak sekarang sukannya ma ARtis Korea. Pokonya demam korea banget dehh. Korea Pop (K-Pop) sekarang lagi melejit. yang melejit lewat film drama seri “Young Before Flower”. Hufftt kapan, anak negeri ini suka ama batik atau ali-ali sebagaimana yang lagi aku pakai sekarang…? Kalau soal ini aku seriusssss. Aku ngga mau ketawa.
Awal aku di jurusan, ngga banyak bisa terlibat penuh baik dari sisi pergaulan maupun organisasi sebab aku musti kerja dengan system Ship. Jika di pabrik ada tiga ship, maka aku ngambil ship yang ketiga, tujuannya biar semua dapat kuliah iya, kerja juga iya. Ehh ternyata itu ngga mungkin dilanjutkan sebab aku ditegor ma mandor karena kerjanya malem terus, pulang pagi jam 7. Jam 08 kuliah. Sebagain temen-temen tidak tahu aku sedang bekerja di Pabrik Sabun Kawasan Indusri Pulo gadung.  Mas Broo, masih inget saat kuliah Pak Agustom, aku tidur di pojokan karena nahan kantuk yang luar biasa…hehe. Makanya saat Ospek itu aku juga sebenere sedang ngrasain yang namanya ngantuk berat. Tapi alhamdulilah, semua lelah dan kantuk itu ilang karena aktifitas Ospek hari itu sangat baru. Sumpah aku ngga bohong Ni acara bikin melotot terus. Gimana ngga…..!!!?? sebab lengah sedikit, pasti kakak senior bakal ngomel atau cari gara-gara. So Hardy banget deh hari itu.

The Moment In The Last Day of Ospek, kami digiiring ke suatu tempat di pojok sana. Jujur aku ngga ngerti bahasa atau tema apa yang mereka omongkan. Aku juga belum mau seriuss untuk In (Chun-In) dengan konsern mereka. Tapi disitu udah mau keliatan tuh ketokohan seorang Akmar yang udah mulai menunjukkan kemampuanya ngomong. Ni orang  emang paling unik di Jurusan. Unik pokoknya, sulit dilukiskan dengan kata-kata. Tapi jangan salah, IPK-nya termasuk deretan IPK tertinggi di jurusan.  Ia juga pernah jadi Mahasiswa berpretasi fakultas Ilmu Sosial. Ia juga satu dari 99 yang maju menjadi ketua BEM Jurusan dan mengalahkan seniornya. Selain Akmar ada juga jago debat, ade Humam, Wardoko, Aldi, Syamsul dan pada umumnya sih mereka semua jagoo semua pas lagi diskusi dalam kelas.

Hari itu, jam sudah menunjukkkan Pukul 5 sore, aturan fakultas tentang Ospek, semestinya jam segitu dah pada pulang. Tapi Mahasiswa Sejarah Masih berkumpul dalam ruangan dan berdiskusi soal idelaisme anak Sejarah. Hingga Pak Cipto terpaksa turun tangan buat membubarkan anak-anak sejarah yang masih bercokol di Fakultas. AKu liat kak mauled dan Beberapa Senior yang lain sangat kuat men-doktrin kami. Aku sendiri termasuk yang tidak mau ambil pusing soal pemikiram  atau doktrin apa yang mau dijejalkan ke kami. Kami Tokoh-Tokoh Perubahan ’99, tidak terlalu memperdulikan hal kayak gituan. Walaupun semestinya sih harus terlibat. Mau tidak mau. Tapi dalam penilaianku, kawan 99 lebih banyak tidak melibatkan diri dengan masalah Idiologis. Wajar saat itu kan masa baru-barnya Reformasi pasca pengggulingan Soeharto.
Rasanya aura Mei 98, kini masih terasa sangat kuat. Tanggal 21 Mei 1998, Presiden Soeharto menyatakan mundur dari jabatan Presiden. Angkatan 97 ama 98 kan yang ngalamin langsung pas demo paling hebohh di negeri ini. Belum lama taun kemaren 1998. Pastinya aura pergerakan mahasiswanya masih kentel banget. Apalagi mereka ngrasa Sejarah adalah jurusan yang palin keras kau dah bicara ngritik pemerintah…
Ada Loh dari angkatan Sejarah angkatan 97 yang tersorot kamera saat demo 98, saat Presiden Soeharto menyatakan MUndur dari jabatan Presiden dan digantikan BJ Habibi. So semangat reformasinya masih sangat membara. Sementara kami angkatan 99 sudah melewati amsa paling ramai dalam sejarah gerakan mahasiswa. Reformasi 98 juga menyisakan tragedy cukup mencekam bagi UNJ dan yang paling keras di Kampus soal mengkritisi pemerinath saat itu adalah Jurusan kami. Itulah sebabnya wajar jika iuforia kebanggaan dan cirri khas jurusan yang kritis ingin selalu ditanamkan pada kami mahasiswa jurusan Sejarah. Idiologinay adalah Idiologi Anti Kemapanan.

KULIAH PERDANA
Duhhh senengnya,,, akhirnya semua yang ditunggu dating juga. Lama pengin banget nrasain yang namanya kuliah. Inilah hari pertama kuliah. Bagiku masih sangat baru. BIasalah yang namanya juga hari pertama. Serasa masih sangat asing. Tapi Indah. Pagi itu akau dapat kuliah yang pertama kali dengan Ibu BUdiarti saat dengan mata kuliah.
Pagi Semua. Pagi semua jawaba ramai. Semua mata tertuju pada Sosok wanita yang umurnya diperkirakan sekitar 40 tahun. Ia beliau adaah BU Budi. Dosen yang bagi aku pribadi sangat inspiratif. Selalu member energi dan kekuatan yang baru buat kami Mahasiswa Sejarah. Unik dalam pertemuan pertama itu Bu Budi memperkenalkan diri dan berusaha mengenal kami dengan menyebut saru persartu Nama Mahasiswa secara berurutan. Kebetulan posisi duduk kami diminta melingkar dan itulah memang cara yang biasa Ibu Budi lakukan saat belajar tentang sejarah.
Ibu Biasa Melakukan Cara ini setiap kali Tahun ajaran baru, sebab dengan cara ini Ibu akan mampu menghafal semua nama Mahasiswa Baru. Emang Bener sih, dengan menyebut satu pesatu secara berurutan. Ibu Budi yang terakhir mnyebutkan dari urutan perama sampai urutan terakhir nama semua mahasiswa Jurusan Sejarah Angkatan 99. Tapi ibu sering salah saat harus membedakan mana Aku dan Mana Agung. Hehe pizz bu,,

Kuliah hari petama itu tentu buat kami sangat berarti sebab itulah saat pertama, kami Mhasiswa sejarah Calon Guru yang diamanhkan untuk mampu menjadi guru yang baik di tengah terpaan Gelombang Globalisasi yang sangat deras. Kuliah kami dimualai dengan esensi belajar sejarah. Beliau untuk pertam akali membawa Buku Pengantar Ilmu Sejarah karya Koento Wijoyo, Tokoh yang nantinya aku sangat banggai. Apalagi tentang karyanya Pemberontakan Petani banten, Sungguh sangat Inspiring. Bagiku kaya gitu ngga tahu temen-temen. Pokoknay aku pengin banet Nulis tema-tema social  Budaya sebagaimana Koentowijoyo. Saat ini beliau telah Almarhum.

Kalian Sebagai Mahasiswa Baru, harus mampu Berpikir Kritis. Sejawaran kata dia, musti menjadi pedoman bagi perubahan. Itu pernyataan sangat kuat di Memori kami. Wardoko di Ujung sana tampak sangat Serius, Beberapa kali Bu Budi bertanya Padanya Soal Apa arti berpikir kritis. Ia menjawab dengan argumen yang seolah sangat meyakinkan semeyakinkan gayanya yang mengenakan kacamata itu. Tokoh yang satu ini, kayaknya emang yang paling jago saat debat. Paling Pinter ngomong dan Paling Pinter Nyela Orang. Aku tahu belakangan. Apalagi sekarang aku baru tahu kalau ia yang paling Suka mendokumentasikan file-file yang paling disensor oleh Tifatul Sembiring dan timnya di Menkominfo.

Kami Tokoh-Tokoh dalam Kehidupan kampus ini adalah Calon_Calon Guru, digugu dan Di Tiru. Di Pojok Timur Ada syamsul yang ngga kalah soal Koleksi CD Porno meski ia seorang jebolan Pesantren, urusan nonton CD Bokep kayaknya akanmenjadi SKS tersendiri baginya. Ini memang menarik bicara soal CD Porno di negei ini. Sori Bro, aku musti jujur soal yang beginian. Ini menyangkut pertanggungjawaban keilmuan kita. Pertanggungjawaban ini yang akan kami bawa di hadapan Tuhan. Bagaimana tidak kami calon Guru dan seemstinya bias menjaga Integritas teratam dalam hal yang satu ini. Tapi atas nama globalisasi atau sejenis itu, kami tokoh-tokoh calon guru bagi anak bangsa ini, juga musti ngadepin gelombang dan gambar-gambar yang merusak konsentrasi kami. Dengan kejadian ini juga kami belajar tentang situasi dan hal serupa akan dialami anak-anak didik kami ayang akan kami ajar di sekolah.
Wuzzzz. Sejauh ini. Kami masih melihat nasib pendidikan sebagai jalan utama, meski tidak semua terjun disana sebab masing-masing punya jalan. Artinya tidak semua dari kami, tokoh-tokoh perubahan 99 ini, semua terjun ke dunia sekolah sebab sebagain juga ada yang memilih di sector lain. Umumnya emang jadi guru. Kalaupun ada itu juga sebagai pekerjaan sambilan atau sampingan saja seperti Syamsul selain ngajar di Pesantren, dia juga gawe di Perusahaan Travel. AKu pastiin sebagian besar terjun dalam dunia kependidikan. Cuma yang belum sama sekali nyentuh sekolah alias nrasaain bagaimana rasanya jadi guru di Sekolah dalam arti beberapa tahun dia ngajar di Sekolah ya cuman Aldi, Andika ma Wardoko. Eeh lupa ada satu lagi Yani, kabar terakhir dia sih udah jadi PNS di departemen Perhubungan.

Tanya aja anak sejarah 99 mana yang tidak pernah Nonton Film Bokep, bahkan sosok yang paling agamis sekalipun, pun pernah nonton. Termasuk aku yang dikenal Alim hanya karena tinggal di At-taqwa. Kalau aku mesti jujur, aku juga udah ngga bias membohongi diisendiri tentag pernah atau ngga nonto Film ini. Ini hanya sebuah kecelakaan Sejarah. hehehe (ngeleesss alias apoloji). Gini ceritanya. Waktu aku lagi nginep di rumah temen, soale di kontrakan sendiri malam minggu ngga ada temen. Aku nginep di rumah temen kita yang satu ini (kita…?? Lu aja kaleee). Sebetulnya ia kenal aku di Kawasan Industri. Ia kerja di Pabrik Yamaha Musik, bareng Dayat Gitarisnya Yoda. Heheh Promo…! Hidup Yoda ketik YODA, krim ke 9288. sementara aku masih gawe di Pabrik sabun Tempo Nagadi Pulogadung. Sejak pertama kenal, kayaknya NiBocah sih agak Mesum-Mesum gitu, soale beberapa kali aku nemuin dia Ma Temen cewenya keluar dari kamarnya setelah lama di dalam. Buihhh Darah seolah mendidih. Tapi aku ngga pernah bias membuktiiin apa yang udah dilakuinnya di dalam. Aku pernah nginep di kamar kontrakannya yang kecil. Lagi-lagi ni realitas kita, sosialita kita kaya gitu,, Rupanya pengaruh keluarga tentu sangat menentukan. Aku dari keluarga yang emang harus aku akui taat banget sama ajas danjuga agama. Tapi realitas masyarakat sebagaimana yang dibilang Soekarno kan NASAKOM alias ada Nasionalis, Ada Agamis dan Komunis, dan semua ngumpul jadi satu di negeri  bernama Indonesia. Sejauh ini sih semestinya kita harus menilai Soekarno maunya semua gabung jadi satu. Walau beda. Jadi kalau Soekarno hanya Pro  ke Komunis, kayaknay juga ngga terlalu bener, Cuma idiologi yang paling ngertiin banget ma orang kecil ya sosialis, mau ngga mau musti diakuin..

Oh iya balik lagi,, Jadi Pas aKu lagi tiduran kemudian terbangun, ngga sengaja aku liat Ntu Bocah lagi nyalaain Ntu gambar. Buihhh. Bujug Buneng….!!!!, Heettt Dah…!!!! Knapa kagak bangunin dari tadi Tong…..!!!! (ngga lah…. Ngga salah lagi) seumur-umur Ni baru kali pertama aku ngliat yang namanya hal yang kaya Gitu Sontak seluruhnya tanpa kecuali menjadi Hidup, soale aku masih normal Mas Bro…!!!, dan Darah dalam Tubuhku bergerak kencang. Sembari berdoa ma Allah mudah-mudahan Allah mengampuni segala Dosa yang udah aku lakuin dengan nonton begituan.
Ndi Gila Luh, Nonton Gituan,, Daripada pusing Ngga ada cewe…?? Katanya. Dalam ati gue ni orang belum tau ya siapa aku ini. Dia belum kenal jika aku ni di kampong dikenal aneke Pak jaksa, Padahal bapakku bukan Jaksa, bapakku seorang Juru Sita Pengadilan Agama. Yang tugasnya membuat Surat Panggilanbuat mereka yang mau cerai. Hanya karena Pengadilan Agama, jadilah ada panggilan Pak Jaksa. sejak kecil adalah anak Ndeso yang biasa tinggal di masjid dengan tradisi agama yang sebetulnya tidak terlalu ketat tapi sangat mentabukan hal-hal semacam itu. Aku dianggepnya kaya Warko, orang ndeso yang suka keluyuran malem nyari “gratisan” dasar…!! Umpatku kesel ama dia tapi tetep Nonton ampe selesai,,, hehehehhh. Malam itu juga “Keperjakaanku Hilang” ettt jangan salah.!!! Maksudnya keterjagaan dari ngga pernah ngliat gituan hancur sudah. Aku kini menjadi seorang lelaki biasa, kata orang sih itu baru Normal…?? Hahhh begitukah..???
Semua Orang Juga Nonton, Biasa kaliee Rif. Katanya berargumen.  Oh Gitu ya. Dalam ati Kayaknya sih emang gitu. Aku membenarkan pernyataannya tepatnya membenarkan adanya realitas seperti itu. Ini adalah realitas Sosial yang ngga bias dipungkiri. Dunia Privat yang pada akhirnya juga musti bersiteru dengan realitas yang sulit ditahan. Kontrol pemerintah dengan peredaran materi dan CD-CD semacam itu adalah sesuatu yang sangat biasa. Menurutku Negara tidak kuat. Dan ngga punya nyali apa-apa. Atas nama kebebasan berekspresi dengan jargon-jargon Demokrasi danReformasi, pemerintah nglemperek (ngelmperek itu apa yaa… bias bantu ngartiin ngga Mas Brooo..). Maksudnya tu, lemas tanpa daya. Semua konsep nilai yang dipegangnya gamang, kalah oleh ketidakpahamannya pada konsep kebebasan. Ia dan gambar-gambar itu menjadi bebas beredar di pinggir-pinggir jalan, di pasar  di Senen atau gang-gang pinggiran jalan di Jatinegara. Seorang pernah menawariku CD Mas, Ni ada yang baru koq, Ada juga yang sengaja dengan diam-diam ngliatin gambar atau Stensilan gitu. BUihhh. Dunia yang sangat dan masih sangat jauh kini dipampangkan di depan Mata. So apa yang akan terjadi saat mereka dah punya pacar…?? Kemana penyalurannya..??


JALAN-JALAN KE JOGJA
Ketentuan akademik mensyaratkan harus ada kuliah lapangan, alias KKL (Kuliah Kerja Lapangan) yaitu dengan melakukan study Sejarah Indonesia Ke Jogjakarta. AKu Ngga ikut. Tapi aku mau merekonstruiksi kisah ini lewat Info yang udah aku dapat dari testimony temen-temen. Ya agak Heuristik gitu deh artinya mengumpulkan data-data yang ada dari cerita temen-temen tentang emau hal saat KKL itu. Pastinya ngga seketat metode dalam penelitian sejarah tapi setidaknya prasaat penulisan ini sangat baik jika menggunakan Metode penelitan sejarah, sekaligus mau merekonstruksi ingatan dan pembelajaran kami tentang apa artinya belajar sejarah sebagaimana yang pernah Bu Budi sampaikan di satusesi pengantar Ilmu Sejarah.

Kutahu, biasanya tour ke Jogja dilanjutkan ke Parang Tritis, sebuah objek wisata yang bagiku begitu banyak menyimpan nilai Mitologi jawa yang sulit dipecahkan bahkan hingga saaat ini. JIka Suzana mampu melakukan ritual tanpa Sorot kamera, Ritualnya Jupe dibanjiri jepretan kamera dan publikasi media yang nyaris tak ada putus, beda dengan Suzana pendahulunya. Ada cerita Supranatural yang mungkin hanya akan menjadi Mitos. Tentang sossok Nyi Roro Kidul yang selalu terkait dengan Nilai Pesugihan yang dikejar manusia meski harus membayar mahal atas kesugihan yang di dapatnya misalnya salah satu, anaknya harus jadi Banten, atau yang lainnya.

Pas aku nanya ke Aldi, Saat itu jalan-jalannya bukan ke Parang Tritis tapi ke Pantai Baron. Masih di Jogja, cuman sebelah baratnya gitu katanya. Any Way, prinsipnya sama yaitu ketemu dengan pantai selatan yang sama-sama punya kisah tentang Nyi Roro Kidul. Di Pelabuhan Ratu aja ada kisah tentang Nyi Roro Kidul apalagi Jogja, mau pantai barong ataupun pantai yang lain. Itulah sejuta Kisah tentang panitai selatan Pulau Jawa. Dan akan dipertahankan sebab disitulah nilai daya tarik yang dimiliki Jogjakarta.

Nah Soal temen kita dari anak Cewe namanya Friscilia, yang kesurupan saat dalam Bis saat di Pantai Barong dan Juga selama dalam perjalanan pulang menuju Jakarta, ada kaitannya denagn Nyi Roro Kidul atau Tidak. Aku sendiri ngga tahu, Fenomena kesurupan itu sangat biasa terjadi saat sebauah Tim Study Tour melakukan perjalanan, aku menemui hal seperti ini terjadi dalam lingkungan kita.

KKL DI TEMANGGUNG, 
Menarik mencermati apa yang terjadi saat dalam perjalanan KKL di Temanggung. Teman kami namanya Redin, saat itu kayaknya lagi ngalami depresi yang sangat luar biasa. Di dalam perjalanan pun ia sudah nyrocos alias ngomong yang ngga jelas gitu. Ngga sedikit ngomong sendiri tentang banyak hal Misalnya Tiba-tiba ia ngajak Bicara Soal Politik yang sebenere ngga waktunya bicara soal seserius itu dalam Bis sebab saat itu temen-temen lagi dalam perjalanan menuju Temanggung jadi ngomonginnya adalah hal-hal yang terkait dengan tema-tema dalam perjalanan. Lagunya padi Kayaknya masih sangat difavoritkan. Tetaplah menjadi Bintang Di Langit……!!! MP3 jadi kebanggaan sebagain temen dalam Bi situ. AKu ngga tahu apa masing-masing dari mereka bicarakan. Aku duduk deket Bu Budi puntak banyak bicara. Tapi aku sangat menikmati perjalaan itu.

Kudengar ketawa Syamsul, Wardoko ma Andika di sudut sana, biasanya sih ngga jauh paling ngebahas tema-tema wanita atau “bagian dari wanita”. Atau saling cela satu sama lain. Wardoko kalo dah ketemu Syamsul, udah pasti saling cela. Yang terakhir Syamsul saat kuliat lebih cool ngga sebokep saat kuliah. Bodinya yang saat di Temanggung itu paling subur dari semua temen-temen 99. Beberapa waktu lalu  saat ketemu, terlhat lebih slim.!!. Aku tyanya ke dia saat makan prasmanan di pernikahan Utsman berapa waktu yang lalu. Lu ada masalah apa…? Wkwkwk. Dia Cuma ketawa doang.

Dalam bis perjalanan itu, semua lancer. Sayang salah satu dari panitia, Aldi saat itu justru malah terserang sakit tipes, padahal ni momen penting buat sejarah, Dia maksain ikut, ya Udah pastinya ngga enak banget tuh rasanya sakit. Alasannya sih katanya ngga mau kalau nnti mesti ikut PKL bareng angkatan lain. Ngga asik juga pastinya kalau ngga bareng angkatan sendiri.

Memasuki waktu maghrib, bis kami belum juga sampai di tempat yang dituju padahal sesuai rencana semestinya dah nyampai. Suasana dah kadung jadi gelap. Melintas di jalan berkelok pegunungan Sumbing….?? Aku justru lagi ngrasa kayaknya dah deket ma rumah di Gombong. Ya di balik gundukan bukit itu pasti waduk Sempor. Di sebelah selatan sana rumahku berada. Bis Melaju di saat gelap dan juga kabut tipis mulai Turun.

Kami sempat dijemput oleh orang dari Temanggung. Itulah 99. Bangga bisa kenal n bisa menjadi bagian dari 99. Di jalan yang sebetulnya sudah dekat dengan Lokasi Temanggung itu, aku bertemu dengan orang temanggung yang bawa Mobil bak dan menggiring kami sampai di tempat yang ternyata memang sudah sangat dekat.

Saat mau memasuki tempat, Lokasi, tiba-tiba bis terprosok. Sontak semua yang ada dalam mobil kaget. Tenang..!! Bukan status darurat atau lebih bahaya dari itu, kayak Sukhoi misalanya, Ngga amit-amit deh.  Rupanya Roda depan terperosok ke Parit kecil di Pinggir jalan saat mau belok. Dengan bantuan kawan-kawan yang ada di luar akhirnya kami dapat kembali melanjutkan. Ini semua karena kami yang terlambat dalam perjalanan alias kemalaman. Jika Sebelum maghrib sampai tentu ngga akan seperti kejadiannya. Memang kamai telat berangkat dari Jakarta. Semestinya sesuai perhitungan panitia, Jam 08.00 Tim mustinya dah berangkat, tapi kami nytanya, ami baru berangkat jam 10.00,. Sudah sangat Siang. Tour Study Sosiologi dan Antropologi ini didampingi Dosen pembimbing seperti Bu Budiarti, Ibu Sri Syamsiar Issom, Pak Budiaman yang ganteng. Ada juga pak Mustari Sadely yang dulu suka bolak-nalik ke UGM karena lagi ngambil S2-ny di sana, info terakhir beliau sudah berpulang ke rahmatullah karena sakit. Mudah-mudahan dilapangkan kuburnya, bermanfaat ilmu yang udah diajarkannya pada kami. Amin

Im ada apa, Im. Tanya Bu Budi saat terbangun karena rem mendadak yang mengagetkan. Sementara cahaya di depan gelap. Yang Kebayang justru malah Jurang-jurang yang barusan kami lalui menuju Temanggung. Itu bu Roda depan kayaknya terperosok dikit. Bu Budi bertanya, karena nampaknya dari tadi Bu Budi terlelap menjelang maghrib itu, tentu karena lelah dalam perjalanan apalagi saat beliau cerit soal tour Ke Badui. Perjalanan ke sana akan lebih menantang. Bukan tour naik Bus kaya gini... Untuk Ke badui, itu jalan hingga 12 Kilo, jalannnya setapak pula. Itu sepenggal kisah Bu Budi dalam perjalanan ke Temanggung, kalo menurut aku sih lebih bernada manas-manasin kami untuk juga pergi kesana. Waduhhh bikin aku makin kepingin liat Badui…..!!
Siapa takut….!!!
Kami tiba di Temanggung kurang lebih jam 08.00. ngga papa ya aku bikin agak malem. Kumpul sebentar, abis tu dibagi kelompok sesuai rumahnya masing-masing. Aku lupa bareng siapa ya?? Tapi aku disitu tinggal di rumah Kadus, bareng Anto. Oh Iya bener bareng Anto. Dari  situ aku jadi banyak kenal ma Anto, tokoh yang satu ini mirip banget kaya suaminya.. Dihh kenapa aku jadi lupa gini ya. Itu loh yang yang suaminya yang the Beautiful Girl. Oh Iya Richard Gere. Asli Mirip banget. Kata temen sih gitu. Soale aku dulu ngga tahu siapa tuh Richard Gere. Setahuku dulu dia paling suka nyanyiin lagu kenangan, era tahun 60 atau 70 puluhan gitu.. mas Bro sampai Disini aku ngga bias banyak cerita tentang Temanggung, soale aku ngga kemana-mana aku ngendon aja di Base Camp.

Gini aja, aku mau minta Ical atau Wardoko yang cerita langsung hal-hal unik di Temanggung. Aku belum mau cerita soal Redin, kalau itu aku pas Malemnya sih tahu banyak. Aku mau cerita soal Temanggung sendiri dari Aldi aja deh yang meskipun saat itu sakit tapi kan dia yang udah Survey duluan.
Wuihh,, tempatnya Indah banget mennn…!!!. Lu Emang ngga Naik. Pan udah aku bilang tadi. Aku ngga kemana-mana. Abisnya Panitia ngasih tugas Cuma wawancara ma petani tembako ada dibawah, ya ngga tahu yang ke atas kaya Gimana. Sempet kesel juga sihh, kenapa aku ngga diajak ke atas.. padahal sebenere aku emang males yang namanya investigasi padahal suka,, nah Luh bingung kan, udah males tapi suka…???
Mending kita simak cerita Ical atau Aldi berikut,,,
Wuisss Gila menn, Kren banget dahhh. Lu tahu di atas ntu ada banyak Candi. Tempatnya ngga ngumpul jadi satu kayak candi prambana gitu tapi tersebar. Lu Bisa bayangain Ni tempat dulunya kaya gimana. Aku pura-pura mikir aja…?? Mencoba mereconstruksi. Itu kan kerjanay Sejarawan Merekonstruksi….?? Ahah disitu ilmui sejarah mulai makin berguna dan dimengerti…?? Lu tahu ngga di tengah Sawah ada patung Nandi, alias patung Dewa Nandi yang berbentuk Seekor Sapi, Simbol Dewa Wisnu yaa..?? mas Broo. Iya. Tapi uniknya itu ada di tengah sawah ngga ada yang jaga. Ngga ada batas- batas Budaya yang bisa ngejaga kelestariannya. Sama kaya candi yang gue temuin di atas. Kenapa Emange mas Broo,, Buat Nyuci..!! Jadi malah dijadiin tempat Nyuci. Iya ???? Emang lu bener-bener kagak naik ketas…??? Nanya lagi.
Wahhh Payah Luh, Kenapa ngga naik keatas. Ngga tahu Mas Broo, aku ngga tahu arahnya. Lagian kenapa Juga aku dikasih tema aktifitas Petani Tembakau. Meskipun kita sosiologi, Sejarah tetep kanMas Broo. Kenapa pake dipisah-pisah gitu mas Brooo…??? Petani tembakau di tempat lain masih bias kita temuin. Wihh tambah nyesel deh….!! Makanya pas aku balik ke Base Camp, ntu tempat sepi banget pada kemana orang-orangnya….!!
Malamnya,,, Panitia kumpul sedikit ngebahas apa yang udah di dapetin ma anak-anak atau masingmasing kelompok sesuai tugasnya. Mentang-mentang kita anak Sosiologi dapatnya Petani tembakau, makanya biar agak sereman dikit aku nanya aja sisi sosiologi dan juga politis…!!! Jadi aku nanya kirain akan dibahas ma bu Sri Syamsiar, kayaknya sih emang ngga banyak yang tahu soal ni phenomena, jadi saat kerusuhan 98, ada semacam gerak social atau gerakan Mass yang juga terjadi kayak di Jakarta. Kalu di Jakarta da penjarahan Mall-mall, disini juga ada penjarahan tapi yang di jarah adalah Hutan Inti rakyat (HIT). Itu banyak yang dijarah Mas, kata Pak kadus yang seorang Nasrani saat menengok aktifitas petani tembakau di lereng Gunung Sumbing.
Tapi ngga banyak dibahas ma Bu Sri syamsiar. Soale Bu Sri kan konsernnya di Situs Budaya alias Candi-candi gitu. Dan emang mustinya lebih kesana. Cerita banyak soal ni Situs tolong ma yang lain aja yahhh, Aku Blank banget, tapi asyik pastinya ada kaitan dengan salah satu Dinasty Besar Hindu Di tanah jawa.

Nahhh, saat ramai-ramai ngebahas tema. Tiba-tiba dari arah belakang. Radin menyerobot. Ngga tahu maksudnya apa. Pokoke Heboh. Syamsul yang langsung ambil inisiatif ngamanin Radin dengan menahan dan menindihnya dikuti sama anak yang lain. Ngga tau siapa yang dituju. Kalu Ngga salah “The Wanted Man Is Abdulah”. Ngga tahu kenapa dan Ada.
Dulll, saatnya lu jelasin semua sebenere ada apa sih lu Ame Radian ampe kaya gitu dia??? Crita dong Broo… kasian dia?
Bedulnya malah cengangas cengeges gitu. Bingung. Ngga ngraa  ada apa-apa.

SANGIRAN DAN MALIOBORO
Hawanya lumayan panas, cukup gerah, tapi gadis-gadis di sepanjang jalan anak Seusia SMP dan juga SMA, manis-manis. kayaknay Solo sangat kuat dnegan kesan Putri Solo. Terbayang wanita di Iklan Citra, seorang gasis kraton yang lembut. Setidaknya ini pernah ditargetkan seorang anak manusia.

Di dareha yang berbukit. akan kiri sangat kering. Munkin karena ini sedang musim Kering. Adanya mengukuhkan betapa Indonesia akan sellau pansa dnegan iklim tropisnya. tapi panas di Sangiran lebih dari seglanya. Seorang Ibu pinggir jalan masuk Sangiran menahan langkahku dan ia seketika menawarkan batu Fosil yang sangat menarik. baginya itu asli. Entah, aku tidak tahu asli atau tidak. Tapi bahwa jenis batu ini sangat beragam diSangiran iaya itu sudah menjadi satu paket mestinya.


TOUR TO BADUY N KAMPUNG NAGA
Tempat paling Amazing, yang aku pernah temui dalam hidup ini ya baru Badui, sejauh ini aku belum nemuin tempat dan masyarakat seperti masyarakat Suku badui. Lagi-lagi aku merasa sangat bangga Ma temen-temen yang udah ngajak akau terlibat dalam proyek ekspedisi badui yang sangat luar biasa. Kayaknya kesan Jalan-jalan berpetualang hamper semua orang suka. Bahkan pada tempat-tempat yang paling sulit sekalipun.

Kalau aku pribadi sebenernya ada cerita mengapa tertarik ke Badui. Saat itu seolah ingin membuktikan sebuah ungkapan atau Postulat yang ingin buktikan kebenerannya. “DI BADUI TUH CEWE_CEWENYA NGGA PAKE BAJU…!!!” Wuh kedengerannya sangat aneh dan akan sangat berbeda dengan banyak kebudayaan. Ni sampai ngga pake Baju. Klau di Jakarta Ngga pake Baju itu Biasa..!! Tapi ini ada masyarakat Tradisional dan termasuk Suku terasing yang tidak mengenakan baju apalagi Gadis-Gadis yang masih sangat Belia. Itu Kudengar pertama kali dari Desrizal, Dia tuh temen kami yang asalnya dari Padang. Tapi ia jarang menunjukkan kepadangannya sebagaian aku juga sebenernya ngga mau nunjukkin kejawaannya,. Cuma kesan seing pake batik , apalagi sering pak ali-ali, dinilai mereka sangat mengesankan sangat jawa. Ali-alinya gede lagi…!! Udah kaya Tesy banget. Hahahahah.

ONRUST
Sepertinya Obsesi sejarah, ngga bakal mati di dada anak-anak Sejarah, Selalu pengin tahu tempat-tempat baru. Pastinya yang berbau Sejarah. Onrust sebuah Pulau Kecil di antara deretan Kepualan Seribu di seberang laut Nun jauh Disana. Masih di Jakarta. Sayang kayaknya Ni tempat sekarang udah Komersiiil banget, kalau sebanding dengan perawatan dan pengelolaan Situs Buday sih ngga Papa. Asal jangan semata untuk pariwisata tapi aspek historisnya malah terlupa atau malah diganti dnegan tempat-tempat aneh yang hanya memyajikan hiburan dunia  yang memiskinkan Jiwa. Heheh contohnya Pulau Sentosa di Singapura..
Aku sih maunya Ngga usah yang macem-macem. Indonesia Saja. Asli Indonesia. Kalaupun ada ngumpul-ngumpul ya ngumpul layaklnya ngariung, ngopi nareng seperti fenomena yang lagi trend di Jakarta sampil makan kerak Telor khas Jakarta, atau wedang Jahe yang bikin kita sehat.

Bedul dan Kawan-kawan, Wardoko, Aldi, Pupu, Thantan dan Banyak yang lain pernah nginep disana. Perjalanan ditepuh lewat. Pantai Kapuk ya??
Sampai disana bangun tenda. Kayaknya Sih Masih Sepi ngga kaya Pulau Bidadari yang udah sangat komerfsiiil banget. Mahal Pula. Pulau Onrust. Sepi dan Di situlah temen-temen Tokoh-Tokoh Perubahan 99 membangun Tenda. Disitu juga ada…………….

Bedul buang air jangan di Pantai, Ntu Barang ngga bakal ngejauhin lu tapi malah ngejar-negejar luh. Beol di pantai ya dikejar-kejar ma barang sendiri. Kata Ical yang ketawa denger cerita Bedul saat menceritakan kisah heroiknya buang air besar di pantai. Wkwkwkwkwk


DONAT PRO EVENT ORGANISER
Gilanya tokoh-tokoh perubahan 99 ini, soale mereka punya mimpi selangit. Aku sih berharap persahabatan ini ngga pecah. Buat apa sih pake berbeda yang makin bikin hubungan kiat renggang. Maksudnya berbeda boleh aja tapi ngga perlu merusak kekompakan yang udah lama terbentuk kan..?? Ni tulisan juga mungkin sekaligus jadi harapan buat temen-temen 99, Yo kita kompak lagi kaya dulu. Idealisme dan semangat kita masih ada kan. Yang mau nulis ya Nulis aja. Ngga usah takut atau malu alias ngga Pede bikin Tulisan. Kaya Mas Weesno yang sekarang di MAN 3  kan sebenre mau Nulis, cuman sampai sekarang ngga tahu belum terwujud juga atau sudah tapi belum dikirim. Soale beliau pernah Chating dan nanya gimana caranya tulisan kita bisa dimuat di majalah AKRAB,

Aku bilang angkatan 99 adalah angkatan yang gila, soale, mereka punya ide yang amazing banget, misalnya bikin acara Nobar alias Nonton Bareng saat Piala Dunia. Waktu itu Piala Dunia 2002. Itu kan keren banget. Jauh banget visi bisnisnya alias jauh cara berpikirnya. Walau beberapa kali meleset. It’s Great..!!!. Hebat Banget..!!. Salut buat mereka. Thantan, Andika, Bramantio dan Aldi adalah yang mandegani untuk terbentuknya Donat ini. Setahu gue Ical adalah tokoh yang sangat suporting banget ma Usaha ini. Sama kaya Bramantio. Usaha-usaha yang sudah dijalankan seperti percetakan sampai ke Nyablon dll. Pokoknya banyak banget. Sampai ikut tender jurusan buat ngedapeten proyek pembuatan kaos untuk Acara Fakultas Ilmu Sosial.


AKTIF DI BEM
Buat aku pribadi aktif di BEM, asli amazing banget. Aku juga ngga nyangka bisa ikut gabung sama temen-temen di BEM, dipercaya di departeman pendidikan lagi. Soale sejak aal masuk aku udah janji ma diri sendiri untuk ngga mau terlibat di organisasi apapun tapi karena yang minta temen sendiri ya okelah. Aldi dipercaya di departemen Usaha. Ade di departemen Olah raga. Lily bendahara kalau Ngga salah. Mentari jadi Sekretaris dan Juga Nurma. Ya itualah ebberepa Tim Inti yang terlibat di BEM,
Akmar adalah ketua BEM-nya. Kelebihan Akmar adalah kemampuan ngomongnya yang ngga akan berhenti kalau lagi nyampaiin sebuah Idea atau argumentasi apappun, walau isinya keliatan berbobot dan seringkali tanpa referensi alias hasil mengarang bebas alias pemikiran sendiri yang ngawur tapi dibuat-buat sehingg mengesankan Ilmiah. Sebagian orang sih akan terpukau dengan kata-kata anehnya yang ngawur itu, tapi aku ngga. Any Way, gimanapun juga, aku harus berterima kasih sama dia soale Dia udah mempercayakan aku untuk jadi ketua departemen Pendidikan. Dia juga yang udah mau bantuin aku di penelitan waktu itu. Gila Kren Banget….!!! So ini Amazing banget.


KISAH CINTA DI ANTARA KITA
Kasus cinta pada temen satu jurusan tentu bukan hal yang aneh, termasuk juga aku yag selalu gagal saat nembak orang yang disukai. Hehe nasib ya Nasib… Mungkin emamg musti banyak ngaca ama nyadar diri aja kali ya.. Soal cinta. Adlah tema yang temen-temen semua tentu ngalamin hal yang sama. Ada wanita terindah dan merasa pantas ia menjadi milik kita. Maka kita berusaha untuk mendapatkanya. Faisal orang pertama di Jurussan yang jadian pertama satu jurusan, Namanya Erna ia asli orang Karawang, Info terakhir ia kini sudah menikah dnegan seorang pegawai suatu perusahaan di karawang. Dia sendiri kini jadi  PNS dikarawang, Tentu sanagt lengkap dan sangat bahagia kehidupannya.  Faisal ini rupany dah naksir saama Erna sejak ketemu di Ospek saat pertama.
Gue mah pas Ospek Kagak Liat, anak-anak Cowo. Yang Gue Liat Cuma Erna. So Sweet begitu aku Ical saat aku annay dia soal awal jadiannya Gimana. Kata Dia jadian Gue Ma Erna awalnay yang tahu Bramantio, bahkan Ia yang ngebantuin Gue buat ngasihin cataatatan kecil yang disitu etrtulis, mau Ngga kamu jadi teman tapi bukan sekedar temen,,, Uhhh So Sweet…!! Dan balasan yang dinanti itu tak lama dijawab kontan saat itu juga. “Kenaa Ngga..!!”” Crengggggggg…nngggg..!! Muanatapz Semamat Ya Cal. Lu emamg jago. Ngga tahu Lu pake jurus atau mantra apa..?? pastinya di hadapan Erna tentu Lo sorang yang paling ngganteng dan segala-galannya. Tapi soal wajah, sekilas emang Ical Ntu Ngganteng. Heheh. Pada kelanjutannya cinta mereka berjaan cukup lama, sebelum akahirnya juga kandas. Ada rasa minder dan meraa rendah diri dari sosok seorang Ical bergaul dengan Erna yang identik sebagai kaya, tajir, Pinter dll kesempurnaan yang ada pdanya. Belakangan Ical menyadari kekurangannay dan itu yang menyebabkannya pisah atau putu dengan Erna.
Tokoh-tokoh wanita yang sering tersorot beberapa kali dalam kisah ini, adalah Sosok Mentari, Ia menurut Wardoko salah satu anak dari angkatan ini yang cakep. Seenggaknya beberapa kali, Wardoko menyebut kalau mentari Cantik. Aku juga mengakuinya koq. Semua orang mengakuinya.  Banyak yang lain juga merasakan atau memilikipenilaian yang sama. Tubuhnya yang mungil, matanya yang Indah seindah nama aslinya, mentari yang terus bercahaya. Ia gadis asal Bogor yang selalu tampil modis. Tapi alami. Kisah cintanya cukup unik. Ini sekaligus menceritakan banyak tokoh yang pernah terlibat dengannya meski sebatas mengungkapkan perasaannya.
Mentari pertama jadian sama Joni, anak sejarah angkatan 98. Kepalanya Botak, sama-sama dari Bogor. Jadiannaya ya saat acara ospek itu. Memang musti diakui bahwa Ospek adalah acara tahunan yang menyita perhatian serius semua unsur di jurusan terutama dalam hal ini adalah BEM Jurusan yang menjadi panitia dalam penyambutan Mahasiswa baru UNJ. Tak sedikit yang menjadikannay sebagai sarana cari gebetan baru. Ntu buktinya dah ada. Jony. Tapi hingga aku lulus, aku ngga pernah lagi ktemu sam ayang namanya Jony itu. Huff ngapainn juga ngebahas dia. Temen-temen sendiri aja belum kebahas semua di tulisan ini…
Tapi kalau soal hubungannya dengan Mentari, ya musti sedikit kita kupas lah,,, Joni, senior angkatan 98 yang beruntung banget sebab dia duluan yang ternyata bias singgah di hati Mentari. Kalau aku sih ngga pernah jujur kalau Mentari tu Cantik, ngga pernah. Aku Cuma mau bilang kalau Mentari itu ngga ngebosenin. Ma asyik. Ramai juga. Suka nyela juga sama kaya cowo yang sekarang selalu ada di deketnya. Nempel terus kaya apa ya?? Masa kaya Prangko lagi ngga kreatif banget. Mas Bro baca aja semua statusnya. So Swet gitu dehh… Tobbbzz ….. buat Aldi N Mentari.

Kedua setelah Jony adalah The Thantan, tokoh paling unik dan eksentrik. Tapi dia yang banyak punya ide, visioner, selalu bisa membaca peluang untuk usaha. Heheh. Iya kan…?? Ya Iyalah. Kalau temen-temen paling jauh pergi ke Jogja atau maish wilayah Jawa. Thantan dan melanglang buasa ke hampir seluruh wilayah di Indonesia. Muantabs. Tapi musti di catat, dia disitu juga bareng Ma Tokoh 99 yang belakangan memilih menghapus acount FB-nya. Ngga tahu kenapa..?? Namanya Agung. anakPurnawirawan yang diharapkan orang tuanya bisa melanjutkan mengabdi di Militer, tapi malah masuk Jurusan Sejarah.
Skip….. Dulu Soal Agung, kan aku mau cerita soal Cintanya Thantan. Jadi Indah setelah berlabuh di hati Joni, pada akhirnya kandas dan berlabuh di hati Thantan. Aku sempet mikir juga koq bisa ya…?? Kalau Joni keliatan jelas lah, ada lah wajahnya…. (Maksud Lu rif). Wkwkwk. Aku aja yang Flamboyan tenang-tenang aja danngga berani Nembak. Apahhhh…Flamboyan (wuek,,, wuek,, wuek). Pede itu musti ada Mennn….!!!, asal ajangan kebablasan sih.
Intinya Mentari pernah jadian ma Thantan, meski sejuta tanya masih menggelaut di kepala. hahaha. Hanya Thantan Ma mentari N Tuhan aja yang tahu. Tapi barangkali emang trend nya begitu. Wal hasil Hukum Alam juga dan Seleksi Alam-nya Darwin pada akhirnya juga yang menentukan nasib hubungan mereka. Alias ngga lama. Kandas… juga brooo….!!!.

Dan pada akhirnya, aliran air Cinta itu menemukan muaranya. Hatinya kini dan mudah-mudahan langgeng elamanya pada Sosok Aldi. Sosok yang menurut cerita yang digali dari berbagai Sumber ternyat dan sejak lama Mentari ntu ngefens banget sama Aldy. Aldiemmang wajahny aoriental banget eh. Kalau meneurut aku sih dia mirip Andy Cool, aktor Mandarin yang selalu main dengan Cewe cakep. Pokonya keren deh. Bersyukurlah pada Allah ya mas Brooo atas anugrah itu ada sama diri Ente…!!!. Buktinya Lu ngedapetin Mentari yang disorot banyak Tokoh perubahan 99, termasuk Guehh….!! Pizzz salam damai Selalu..
Soal Ungkapan Suka akuke Mentari aku ceritain di Bab Masa-masa Bikin Skripsi aja ya…!! Soale emamg kejadiannya pas zaman kita pada nyelesaian Skripsi waktu angkatan pertama 99.

MASA-MASA SKRIPSI
Masa bikin skripsi tentu identik dengan gad a kuliah, kalau yang bener sih, buru-buru bikin proposal, konsul ma dosen pembimbing. Syukur-syukur langsung dapat jadwal seminar proposal. Kayak temen-temenku yang cewek, seperti Lely, Erna, Friscilia. Mereka emang sering terlihat bareng terus. Tapi mereka bagaian dari 99. Kalau Erna dah aku certain di awal, Dia ntu yang jadian pertama sama Ical. Lely juga sedikit udah aku certain, satu asal usul dengan adikku Iwan. Alias Uwong Cirebon. Friscilia, dia ntu yang kesurupan saat KKL di Jogja.Tapi kenapa mereka agak jauh dari 99. Di saat penelitian, aku pernah diminta bantuan sama Friscilia buat nerjemahin buku sumber penelitainnya soal anak autis gitu, ngga banyak yang bias aku bantu cumin itu. Itu momen terakhir, maksudnya yang paling intesn itu aja. Ngga tahu ma temen-temen yang lain.

Beragam aktifitas dilakuin anak-anak. Pastinya temanya lagi bikin skripsi. Ada yang memilih seratus persen. Ada yang sengaja leha-leha atau santai-santai dan memanfaatkan status mahasiswa untuk aktif di berbagai aktifitas organisasi.  Artinya masih ingin menikmati dunia mahasiswanya. So emua juga tahu jadi Mahasiswa itu masa yang sangat indah banget. Masa-masa paling amazing setelah SMA. Kalau SMA kita masih terikat banget sama porang tua. Tapi Mahasiswa adalah masa dimana kita benare-bener jadi diri sendiri, nentuin sikap sendiri dan bertanggung jawab dengan diri sendiri.

Sebagian milih di Universitas Alternatif HMI-MPO, Sebagian milih aktif di Bimbel dengan gaji yang lumayan besar saat itu. Mas Broo,, mereka dah pada jadi ketua Cabang bahkan diatasnya, alis ikut jadi pemilik saham juga di Prima. Keren kannn??? Buktinya ada Motor Thunder yang saat itu keren banget keliatannya, walau kenyataannya ngga awet alias mending punya Motor yang bisa juag dipake ma Isri kita, kata Ente dulu kan ke Aku. Kalau aku malah malu dengan mentari atau biasa dipanggil tari. Aku pernah ngungkapin rasa suka Ma Dia. Tapi Bodo amat namanya juga usaha. Tapi sungguh malu banget. Tapi aku sendiri sih ngga papa. Gila emang, udah somplak juga kali ni otak. Atau mungkin ngejar target, harus segera dapetin pacar. Rasanya aura harus punya pacar memang sangat kuat berhembus di jagat pergaulan remaja dan juga anak muda di negeri ini. Termasuk aku juga yang memang terkena hembusan itu sangat kuat. Tapi aku mau bilang kalau aku yang Suka Ma Mentari bener-bener aku suka liat dia. Aku seneng liat ganyanya. Pokoknya aku suka. Maaf Bro salah satu kenapa aku ngga mau nulis ni sebenere ada alas an pribadi, tadinay aku ngga mau nulis soal yang tentu sama aja buka aib sendiri, tapi aku putusin ni cerita kalau ngga ditulis kayaknya ngga afdhol. Alias ada Missing Link alias rantai yang terputus kayak penjelasannay Darwin soal Teori Evolusinya yang dinilai ngga mampu menjelaskan rantai yang terputus itu.
Makanya aku mau cerita apa adanya. Iya aku sebenere emang pernah suka Ma Mentari. Bahkan sejak pertama liat dia. Tapi sejak awal aku tau diri aja. Dan seelalu begitu dan semestinay emang begitu, Suka Ma Seseorang ya Musti liat-liat lah. Seenggaknya….!!! Iettt Bentar….!! Aku pake bahasa seenggak-enggaknya jadi inget Ma Bramantio. Yang sekarang jadi guru SD swasta dengan gaji yang lumayan Gede. Tapi akhir-akhir ini jauh dari 99, Why. What’s Wrong…?? Lu Marah Ma Gue yang Bram, begitu ia biasa dipanggil. Sorry Bram…! Mudah-mudahan tulisan kecil ini bisa kembali jadiin kita satu kaya dulu. Aku tahu, pastinya Lu lagi sibuk banget kan…?? Namanya juga ngajar anak SD, soale aku juga pernah ngajar anak SD di Marunda.
Bram, aku kenal Lu. Sebagai sosok yang paling care sama 99. Dimana aa lu di situ pasti ada tokoh 99 yang lain. Sama kaya Aldi disitu ada Ente. Dimana Ade Andika disitu pasti ada Lu. Pokoknya Ente paling sering deh ngumpul bareng angkatan 99. Lu gimana sekarang kabarnya. Plizzz dating di mari. Kami semua rinduin Lu,, kita semua rindu bisa bareng lagi kaya dulu, semua termasuk Lu juga. Kalo 99 ada yang brengsek ada yang nyebelin itu dah biasa kan Bram. Gue aja tahan-tahan dengan 99. Tapi itu romantika Broo…!! Sebut saja Wardoko, Ntu bocah sering banget bikin kesel. Terutama kalo jusus nyelanya dikeluarin. Tapi enjoy aja aja Broo, jangan dipikirin. Kalo perlu cemes aja sekali-kali. Jujur aja sambil candain mereka. Ngga becanda, Wardoko juga bias terima. Hehe. Kalo aku sih orangnya ga tegaan, padahal ada juga cela buat bales celaan mereka


MASA_MASA TERPISAH
Saat terpisah dengan temen-temen emang masa dimana setiap pribadi yang udah lulus musti ngebuktiiin akan ilmu Keguruan yang udah di dapet. Meski pengalaman mengajar tidak sedikit alias adalah pengalaman sebab dari semester awal pun sudah belajar mengajar di sekolah-sekolah kecil di Rawamangun. Dulloh misalnya udah sejak semester 6 mengajar di daerah Muara angke asli jauh banget, tapi itu dia jalanin tiap hari demi memenuhi kebutuhannya dan kini keluarganya. Dia memang ngga banyak pindah tempat mengajar. Tapi sekarang die dah jadi wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Biuhh, Mantapzz kan Broo. Dia udah berubah, dia udah mulai agak serius. Yang Gue suka n Saluut ma dia kmaren dia udah bikn status yang isinya pesan dan nasehat agama. Sedikit banyak juga udah berani ngritik bobroknya pendidikan di negeri ini, wuihhh mantap,, “Gue Suka Perubahan yang Terjadi Ma diri Lu Menn…!!!”

Wardoko, Aldi Ma Andika sampai skarang memilih aktifitas keguruan dan keilmuannya di bidang pengajaran ini di Bimbel, sebuah lembaga pendampingan belajar yang paling terkenal di Indonesia. Dari awal aku punya pemikiran Bimbel itu lembaga yang lebih menekankan aspkek Kognitif. Yang dipentingkan adalah nilai prestasi akademik di sekolah yaitu bagaimana caranya bias mendapatkan nilai sebaik-baiknay di raport, itu yang dipersembahkan Primagama. Meskipun mereka tidak dan belum berkeingian masuk sekolah atau mengajar di sekolah, jabatan sebagai kepala Cabang dan sekaligus ikut menanam saham di Primagama menjadikannya sangat berkecukupan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga punya rumah yang cukup megah untuk ukuran pasangan usia Muda. Mantab Bro…..!! Ngga kaya Guwe yang makin hari makin ngga Jelas,,,Pizzz. (Jangan Kaya Gitu Riff….!!)

Masih banyak cerita cinta di luar sana, Tentang aku sendiri yang juga Suka Ma Nurm, sekarang istrinya Wardoko. Mudah-mudahan Hakim bisa dapet yang lebih baik, itu bunyi SMS Nurma padaku saat aku masih ngajar di Boarding School. Ohhhhhh. Kandas lagi….wkwkwkwk.


REUNION                                
The Last But Not Least,, aku berharap ni catatan bias jadi sarana buat kita semua melakukan refleksi atas semua hal yang udah kita alamin. Kita musti sadar kita adalah juga tokoh-tokoh perubahan, sebgaimana di awal udah aku bilang, seenggaknya perubahan buat diri kita sendiri. Itu kan yang selalu diajarin Ma Bu Budi di tiap pembelajaran kita. Itu juga inti pelajaran teori pembelajaran yang disampaikan Prof Diana soal hasil akhir pembelajaran adalah adanya perubahan untuk Anak Bangsa.

Bukber, Ketemu di Prima, Menyoal Bambang. Dlll dan pada akhirnya ngomongin juga mereka yang sampai saat ini belum menikah….. Kasian deh Luh.

YANG DAH KELUAR
1.      Hidayati
2.      Emsi
3.      Kata Ical ada Satu lagi,, Siapa..??

Semua yang terjadi ma kita, adalah pelajaran berharga buat kerja dan prestasi kita di masa depan. Tugas, pekerjaan dan tanggungjawab kita di depan masih menunggu alias masih seabrekk. So jangan sesasali dan salahkan semua yang udah terjadi. Nikmati dan syukuri apa yang ada  dan jadikan itu bekal buat langkah kita ke depan.
Sembilan-Sembilan. You All My The Best Friends…..!!!

Rorotan Awal Juni 2012, Saat Jiwa ini coba Untuk Tenang.

NB:
·         SORY MAS BROO N SIST,, JANGAN PADA MARAH DULU YA… MASIH ADA TIM EDIT KOQ…..
·         OH IYA BAGI_BAGI DONG PENGALAMAN PAS DI JOGJA ATAU DI ONRUSTNYA SOALE AKU NGGA IKUT. ATAU YANG LAIN YANG AKU BELUM SEMPET TULIS>>>>>

Sesudah ini aku mau ngeprint tulisan lama untuk ku kirim ke penerbit. Mas Bro, udah dulu ya aku dah tulis secuil tentang kisah kita… Selamat Membaca….!!!

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini