Sabtu, 26 Mei 2012

PESAN UNTUK WISUDAWAN


PESAN UNTUK WISUDAWAN
Oleh: Arif Budiman[1]

Segala puji hanya milik Allah SWT yang telah memberi nikmat Iman dan Islam pada setiap usaha dan pengabdian tiada henti kita untuk menyempurnakan kecintaan kita kepada Allah SWT. Shalawat serta Salam semoga senantiasa tercurah kepada baginda rasulullah SAW, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.
Para Wisudawan yang kami cintai dan banggakan, hari ini adalah hari yang sungguh-sungguh sangat membahagiakan bagi kita semua terutama pada para Wisudawan yang saat ini sedang dalam satu fase akhir pembelajaran yaitu wisuda dan perpisahan di satuan pendidikannya. Dalam fase ini ini akan terlihat capaian-capaian dan hasil usaha yang telah kalian peroleh dan tidaklah berlebihan jika itu disebut keberhasilan pembelajaran (baca:pendidikan)
Pembelajaran mengamanahkan untuk terciptanya manusia-manusia dewasa, yang dalam bahasa operasional dapat diterjemahkan menjadi terbentuknya manusia-manusia yang cerdas secara Intelektual, spiritual dan emosional. Pada cita-cita kedewasan dan kecerdasan itulah tujuan pembelajaran hendak diarahkan.  Tiga atau enam tahun tahun yang lalu orang tua kalian mempercayakan kalian untuk belajar di sekolah ini adalah amanah yang telah kami laksanakan sebagai guru dan kepala sekolah guna mendidik dan mengajarkan Ilmu semaksimal mungkin yang kami bisa.
Para Wisudawan yang kami banggakan, di hari yang indah ini, tidak ada kebahagiaan yang kami rasakan kecuali kebahagiaan karena bisa menjadi bagian dari cita-cita dasar pendidikan kita yaitu cerdas secara akal dan budinya. Sebagaimana Visi dan misi yang selama ini, kami sampaikan yaitu “Mengasah Akal Membina Ahlaq”, maka jadilah kalian wisudwan yang semakin gigih untuk meningkatkan aspek-aspek kecerdasan, bukan hanya cerdas secara intelektual saja, tapi juga cerdas secara emosional dan spiritual.
Para wisudawan yang kami banggakan, tugas pembelajaran itu masih panjang. Wisuda yang kita laksanakan saat ini merupakan salah satu fase dari fase-fase yang panjang dalam proses pembelajaran.Tentu dengan kompetensi yang menuntut adanya kerja keras, kesabaran dan keikhlasan sebab itulah modal utama untuk kita mampu menggapi apa- yang dicita-citakan.
Pendidikan di Madrasah atau sekolah ini adalah salah satu tahapan dari rangkaian pelaksanaan tugas pembelajaran yang mesti kalian jalani. Pendidikan tidak semata berhenti saat kita memasuki usia dewasa. Pendidikan juga tidak berhenti saat kita memasuki usia menikah atau umur yang telah tua. Tapi pendidikan yang sebenarnya adalah proses panjang tanpa henti. Ia adalah proses dari kehidupan itu sendiri, selama kita hidup selama itu pula kita akan selalu belajar (long life education).
Akhirnya, kami sampaikan Selamat Kepada Para Wisudawan yang akan meninggalkan Madrasah/sekolah, Mudah-mudahan ilmu yang telah di dapat selama belajar di Madrasah/Sekolah dapat berguna dan dapat kalian tingkatkan dan amalkan dalam kehidupan dan kerja nyata. Mudah-mudahan  Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan pada kita sehingga dapat menjalankan tugas dan amanah pembelajaran ini dengan sebaik-baiknya.






[1] Arif Budiman, S.Pd. Guru Sejarah MAN 21 Jakarta. Alamat Jl. Sarang Bango no 21 marunda Jakut telp 02141872917

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini