Minggu, 22 April 2012

MENCARI PEMIMPIN


MENCARI PEMIMPIN


Salah satu sifat dasar yang ada dalam diri manusia adalah sifat kepemimpinan. Sebagaimana firman Allah setiap manusia adalah pemimpin dan setiap manusia itu akan ditanya tentang apa yang dipimpinnya. Kepemimpinan adalah potensi besar yang harus terus digali dan dikembangkan agar memiliki manfaat bagi masyarakat sebaba masyarakat kita sangat membutuhkan manusia-manusia  yang memiliki kualitas kepemimpinan yang baik, mampu mengarahkan masyarakat membimbing dan mengayomi.
          Kepemimpinan adalah potensi dasar yang menentukan arah bagi sebuah aktifitas hidup. Kepemimpinan yang baik akan membawa aktifitas yang baik dan  sebaliknya kepemimpinan yang buruk akan membawa dampak buruk. Di dalam kepemimpinan dibutuhkan sinergi antara kekuatan pikiran, hati dan skill untuk menghasilkan sebuah putusan atau tindakan yang tepat dan terarah agar sebuah organisasi masyarakat dapat terkontrol dan terkoordinasi.
          Dalam kehidupan nyata, kepemimpinan memiliki kedudukan yang sangat penting sebab kepemimpinan berada di titik sentral seluruh aktifitas hidup itu. Karenanya mengembangkan potensi kepemimpinan dalam diri manusia adalah satu pekerjaan utama dan diutamakan. Tidak mudah mendapatkan kualitas kepemimpinan yang baik sebab kepemimpinan adalah potensi kecerdasan yang mengandung aspek yang sangat kompleks. Bukan semata pada kecerdasan akal melainkan juga kecerdasan spiritual dan emosional. Sehingga pemikiran tentang pengembangan Potensi Kepemimpinan sudah semestinya disambut dengan baik. Tidak ada potensi kepemimpinan yang tumbuh dengan sendirinya tanpa proses pengembangan. Sejarah menunjukkan bahwa kualitas kepemimpinan dibentuk melalui proses yang sangat panjang yaitu melalui proses mental, pemikiran dan spiritual yang sangat kental. Tanpa proses itu, mustahil mendapatkan kualitas kepemimpinan itu.
 Potensi kepemimpinan akan tumbuh dengan baik apabila seseorang telah menempuhi tahap-tahap pertumbuhan atau pendewasaan diri tentang potensinya yaitu saat seorang manusia telah mengenal dengan baik segala potensi yang ada dalam dirinya. LDKS MAN 21 adalah salah satu upaya menumbuhkan potensi kepemimpinan itu walau masih di tingkat dasar.  Adapun potensi-potensi diri itu meliputi potensi intektual (fikr) yang mencakup kemampuan akal manusia untuk memahami, merespon, menyimpulkan, menganalisis dan membuat sintesa. Kedua tahap pemikiran qolbu, dalam tahapan ini qolbu tidak bisa dilupakan begitu saja. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bukan hanya cerdas secara intelektual saja, namun juga  cerdas secara emosional.
Lalu…, kualitas kepemimpinan yang seperti apa yang hendak kita tuju? Tentu saja kualitas kepemimpinan yang memiliki cita-cita utama yaitu kemaslahatan ummat yaitu kepemimpinan yang dikembangkan untuk menggapai ridho Allah SWT. Mudah-mudahan Allah SWt senantiasa mengukuhkan kita sebagai hamba yang mampu menggapai sebaik-baik manusia yaitu manusia yang memberi manfaat sebesar-besarnya bagi manusia. Dan menjadikan diri kita pemimpin yang professional, amanah dan bertanggungjawab baik untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat dan juga Negara. Demikian halnya kegitan LDKS, Mudah-mudahan Allah SWT menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu upaya kita menggapai Ridho-Nya. Amin.


Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini