Minggu, 29 April 2012

BERORGANISASI


BERORGANISASI
Oleh: Arif Budiman”
  

Berorganisasi..!? Perlu ngga Sih? Inilah pertanyaan yang beberapa saat lalu muncul menjelang Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Setidaknya materi organisasi menjadi tema pembekalan bagi pengurus baru OSIS dan pengurus organisasi seolah lainnya. Sesungguhnya pertanyaan tersebut diatas tak perlu diajukan seandainya kita sebagai individu memahami posisi dan kedudukan kita dalam suatu satuan social (baca: organisasi). Saat kita menyadari diri sendiri adalah bagian dari suatu organisasi besar. Itulah alasannya mengapa tulisan ini diajukan. Tidak lain untuk menjelaskan posisi dan keberadaan kita dalam definisi organisasi dan bagi setiap pelaku dapat memahami peran dan fungsinya dalam organisasi.
         Organisasi dalam suatu perspektif dikenal dengan lembaga dengan jabaran definisi sebagai suatu system norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang dipandang penting atau sekumpulan kebiasaan dan tata kelakuan yang berkisar pada kegiatan pokok manusia. Perspektif ini berasumsi bahwa setiap manusia dalam hubungan social memiliki perilaku terpola. Apa sajakah itu. Semua yang dilakukan manusia yang secara sadar berangkat dari alam pikirnya dan diyakini dan dilakukan dalam aksi social seperti memenuhi kebutuhan hidup, ingin diakui atau ingin eksis, bersosialisasi, belajar mengajar  menjadi panitia MOS dan lain sebagainya.
Dengan definisi tersebut diatas, dalam aktifitas sederhana sebenarnya kita telah melakukan tindakan atau perilaku berorganisasi. Kita hadir di sekolah untuk menuntut ilmu, bersosialisasi, melaksanakan upacara, shalat berjamaah adalah bentuk-bentuk perilaku berpola yang telah terlembagakan. Jadi dalam difinisi sederhana kita sesungguhnya telah melakukan kegiatan berorganisasi. Maka dalam tulisan ini saya ingin membuat dua kategori berorganisasi yaitu berorganisasi dalam arti umum dan berorganisasi dalam arti khusus.
         Definisi dalam perspektif sosial tersebut menyebutkan bahwa Individu yang melakukan kegiatan atau perilaku terpola apapun kegiatan atau perilaku yang dilakukan, termasuk berorganisasi. Sehingga saat individu melakukan perilaku terpola dalam satu kumpulan aktifitas yang teratur, saat itu kita telah berorganisasi. Sehingga pertanyaan yang lebih tepat diajukan adalah bagaimana kita menempatkan fungsi dan peran kita dalam organisasi. Itu sesungguhnya lebih penting dan utama dalam organisasi.
        Dengan demikian berorganisasi yang dimaksud dalam pertanyaan diatas adalah berorganisasi dalam arti umum. Sebab tingkatan organisai pun beragam berdasarkan ukurannya atau cakupannya. Sebagai contoh ada organisasi internasional, nasional dan local. Berdasarkan bidangnya meliputi organisasi politik, organisasi ekonomi, organisasi budaya, organisai pendidikan, organisasi social dan keagamaan.
        Sebagai pelajar yang aktif dengan tugas perkembangan di sekolah, maka jenis organisasi yang sedang digelutinya termasuk kategori organisasi pendidikan dengan tugas dan peran yang sesuai dengan tingkatan tuga perkembangan di Sekolah. Satuan pendidikan dimana seorang peserta didik sedang belajar saja sudah termasuk organisasi.  Kalau ada istilah “State In the State” yang artinya Negara dalam Negara, maka di satu organisasi pun sangat dimungkinkan tumbuh organisai, Kasus state in the state adalah negara tandingan atau tidak mengakui Negara yang sah (pemberontakan atau rebellion). Sementara yang dimaksud ada “organisasi dalam organisasi” artinya dalam satu organisasi misalnya sekolah, terdapat beragam dan bermacam-macam organisasi dengan keanggotaan untuk mencapai suatu tujuan. Ada klub computer, PMR, Pramuka, Pecinta Alam dan lain-lain.
     Dengan pemahaman kita tentang organisasi tersebut, mudah-mudahan dapat memberi gambaran yang jelas bahwa berorganisasi adalah sebuah keniscayaan. Sesudahnya tinggal bagaimana kita menempatkan diri semaksimal mungkin dalam organisasi tersebut. Sebagaimana firman Allah sebaik-baik manusia adalah yang paling bertaqwa. Di ayat lain Allah SWT juga mengatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat buat orang lain. Jadilah orang dengan predikat sebaik-bainya dengan kita bekerja dan berkarya untuk organisasi yang kita sedang ada di dalamnya baik dalam organisasi kemasyarakatan maupun organisasi yang lain.
.
__________________
“ Arif Budiman, S.Pd. pengajar Mata Pelajarana Sejarah dan Geografi. Alamat Jl. Sarang Bango no 21 marunda Jakut telp 08176661322


Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini