Kamis, 26 Juli 2012

LUAR BIASANYA AL_QURAN


LUAR BIASANYA AL_QURAN
(INSPIRASI SEJARAH)

Al-Quran atau dalam bahasa lain disebut mushhaf adalah kumpulan beberapa tulisan dan pemikiran (Wahyu Tuhan). Didalamnaya ada kisah-kisah, di dalamnya ada ayat-ayat atau tanda-tanda bagi orang yang beriman. Al-quran dari semenjak turunyya ayat pertama untuk Rasulullah dalam surat Al-Alaq hingga saat ini, maka usianya dalam hitungan Masehi telah mencapai 15 Abad lamanya mengisi sejarah, membuat sejarah dan juga mengerakan sejarah itu sendiri. Disadari atau tidak disadari.
Seandainya ada kata yang bertentangan dalam aaaal-quran, barangkali orang akan memilih beralih pada bacaan lain atau kitab lain atau agama lain. Tapi Al-Quran adalah nrasi yang sempurna tentang kisah-kisah abadi dalam zamannya. Ia menuturkan dengan disiplin sastra yang sangat tinggi. Menegur manusi adengan panggilan-pamnggilan yang mesra danbersahabat. Ya Ayyuhannaasss. Ya Ayyuhal Mukmininuun dan seterusnya. Al-quran tidak perlu menghadirkan dirinya atau dihadirkan dalam khlayak pemikiran manusia sebab keberadaaanya memang sangat dinanti, Ia dibutuhkan. Ia adalah inspirasi yang sesungguhnya bagi kehidupan itu sendiri.
Al-quran tidak hadir di tengah keterpaksaan. Ia hadir apa adanya sesui dengan fungsi dalam Al-quran itu sendiri.
Saya melihat kekuatan sastra yang sangat mendalam dalam ayat-ayat Alquran. Kehadirannya sering disalah tafsirkan. Entah kenapa saya tidak tahu. Adalah hak setiap orang untuk menilai dan menafsirkan isi yang terkandung dalam al-quran. Ia bahkan bisa direkonstruksi secara ekstreem mejadi sangat mengerikan. Ia juga bisa menjadi sangat lembut dengan kehidupan karena bahasa-bahasanya.
Satu kalimat saja dari Al-quran mampu menundukan kesombongan manusia akan karya sastra yang tiap hari dibanggainya. Al-quran cukup menampilakan sat ayat. Itu hanya didengar bagaimana jika diamalkan. Itulah kekuatan yang akan muncul dari pemahaman dan pemaknaaan kita pada Al-quran. Menurut sebuah peneitian, kemampuan akal manusia mampu menyimpan file hingga sekian bite. Itu artinya asulullah Muhammad adalah manusia sempurna yang kecerdasanay melampau para pemikir di zamannya sebelum dan sesudahnya.
Katakanlah benar  jika ternyata Al-quran karya Muhammad, maka kita harus mengakui bahwa inilah tipe manusia cerdas bahakn super cerdas yang menghasilkan karya meumental yang menginspirasi sejarah. Menggerakan umat Islam untuk berdakwah. Menyebarkan nilai Islam. Adakah pemikir yang mampu membuat karya sepanjang zaman dengan tulisan dan karya-karya yang sangat monumental seperti itu hari ini.
Para filosof sering kali menghentikan pembahasannya pada penilaian sesaat yang terkadang belum secara meyakinkan sebagai sebuah kebenaran. Contoh saat mengatakan bahwa TUhan ada atau tiada Tuhan oleh masing-masing penggagas ide itu. Pada ujungnya mereka harus meyakini dan mengentikan idealismenya tentang ketiadaan Quran. Kehebatan Al-quran adalah kekuatanya atau entitasnya yang mampu mewakili banyak pemikiran. Saat ia akan ditafsirkan dengan konsep Esoterik, Al-quran memang kenyataannya, sementara makna isoterik seringterabaikan. Namun poinnnya bahwa amerek asangat memahami sangat setuju bahwa AL-quran sangat inspiring…

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini