Minggu, 08 Juli 2012

KILAU CAHAYA

KILAU CAHAYA
Oleh: Arif Budiman

Air Laut Marunda siang tadi berkilau, seperti kilatan-kilatan pedang yang menancap di hampir semua permukaannya. Aku jadi tertarik untuk memikirkan arti cahaya itu, saat seorang ibu penjual warung bercerita tentang anaknya yang enggan sekolah. Kilau Cahaya adalah hasil pantulan sinar dari sumbernya (matahari) melewati bidang satu bidang, dalam teori fisika ada sebuah bidang datang atau cermin. Kalau kilau air laut marunda tidak bisa kit asebut cermin datar, cekung ataupun cembung atau air itu mampu menghasilkan semua cermin itu karen ageraknya. saya kira itu yang terjadi, coba besok saya ingin berdiskusi dengan pak Anhar guru fisika. Saya mau lanjutkan. jadi air itu memantulkan cahaya matahari, berarti air itu memiliki peran sebagaimana cermin. Cobalah kita datang ke danau Parakan yang hening di kala siang atau datang di kala malam tanpa mendung dan distu ada sinar bulan, tentu kita akan dengan sangat jelas melihat sang bulan di atas air itu dengan postur dan tampakan yang sempurna. Saat itu air menjalankan fungsinya sebagi cermin yang datar. Tapi saat ada dorongan kuat katakanlah ada tenaga yang mendorong air itu naik keatas sebut saja gelombang, saat itu air di area luar atau atasnya menghasilakan cermin cembung. hasil cahaya atau pantulan pun akan menghasilkan pantulan yang menuju ke segala arah. Sebaliknya saat ada tarikan dari dalam, maka air akan tertarik kebawah, saat itu permukaan air menjadi cekung, maka pancaran cahaya akan terkumpul atau menyempit.

Gelombang laut marunda di kala siang, siangnya bolong lagi, kayaknya matahari lagi ngga pake baju, beruntung masih pake kolor kalo ngga angus kita. jadi pansnya minta ampun dahh. Jadi sinarnya tanpa ragu-ragu dan malu-malu lagi menerobos sekat udara, ruang udara menuju ruang di tas laut marunda. di saat yang sama angin laut menyenandung lagu, menggoyang air sehingga melahirkan fungsi air dalam terminologi fisika peran cermin datar, walau sedikit, kadang cermin cekung dan tak jarang juga cermin cembung. itulah sebabnya kita tak pernah bisa melihat wajah matahari saat siang dan gelombang laut yang bergoyang-goyang.

Demikian halnya KILAU CAHAYA, kilau yang sampai di mata kita adalah pancaran yang dihasilkan dari bentuk permukaan gelombang yang bermacam-macam. saat pantulannya tepat mengenai optik penglihatan kita, saat itu kita menyebutnya KILAU. dan nyaris kita tak pernah bisa melihat kilau dalam waktu lama, sebab kilau dalam waktu lama itu namanya SILAU. Yang menarik sebetulnya adalah the miracle, dan kompleksitas sifat air itu, dan sifat cahaya. Yang menarik sesungguhnya adalah Makan Gado-Gado ditemani segelas Teh yang Manis, sebab ibu penjual warung sudah selesai ngulek sambel, kini tersaji di depan...

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini