Selasa, 05 Mei 2015

BOLA DAN NASIONALISME KITA

BOLA DAN NASIONALISME KITA

Pembahasan tentang Bola dan nasionalisme diangkat untuk melihat sisi-sisi baru yang selama ini sering terabaikan. Atau mengingatkan sesuatu tentang ada yang selama ini telah hilang dari hidup kita. Ia adalah Nasionalisme. nasionalisme Indonesia yang tumbuh berkembang dalam iklim berbegara. Nasionalisme sebagai spirit utama Negara merupakan Ruh yang semestinya selalu hidup dalam negara. 
 
Di tengah pengaruh global yang menerjang begitu kuatnya, Indonesia dan semua negara mendapati tantangan luar biasa tentang bagaimana harus mempertahankan Nilai Budaya sendiri. Ada nilai-niai yang hilanag, ada prinsip-prinsip yang tergerus dari ruang budaya yang kita cintai selama ini. kecintaan kita pada tanah air adalah kecintaan pada keluhuran dan nilai-nilai dasar yang telah membentuk siapa kita dan untuk siapa kita. Itulah negara kita. Itulah ruang lingkup yang mendekap kita dalam kehangatan budaya.
 
Di tengah semua ketakutan itu, ketakutan yang bisa dikerucutkan dalam bahasan ini adalah rasa nasionalisme yang telah memudar. Rasa nasionalisme adalah bentuk kesadaran kolektif yang tumbuh sebagai kesetiaan pada negara yang diwujudkan dalam pengabdian. Itulah cita-cita tertinggi seorang warga negara pada negaranya. Negara tanpa nasionalisme ibarat makanan tanpa sari pati bukan semata tanpa garam sebab garam hanya bumbu penyedap dan tanpa garam pun kita masih bisa merasakan kekuatan yang dihasilakan dari makanan itu. tapi jika negara tanpa nasionalisme ibarat makanan tanpa saripati.
 
Maka sebanyak apapun makanan yang masuk dalam perut kita tanpa sari pati makanan maka makanan itu menjadi tiada artinya. Nasionalisme adalah Jiwa negara. kekuatan yang menggerakan. Spirit yang menjadikan negara ini tetap kokoh di atas pendiriannya. Kokoh diatas kakinya sendiri. Kuat dan berwibawa.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini